Pentingnya Mencocokan Nama Penumpang pada Tiket dengan Kartu Identitas

UU Penerbangan No.1 tahun 2009 Pasal 151 ayat 3 menerangkan bahwa yang berhak menggunakan tiket penumpang adalah orang yang namanya tercantum dalam tiket yang dibuktikan dengan dokumen identitas diri yang sah.

 

Jadi, tiket yang terissued atas nama pribadi tidak bisa/tidak boleh di jual ke orang lain, karena melanggar UU No. 1 tahun 2009. Jika ada pnumpang yang berhasil mengelabui airline dngan tidak cocoknya identitas dngan nama tiket, maka apabila terjadi kcelakaan psawat, maka penumpang tersebut tidak berhak mendapatkan asuransi karena manifest tidak sesuai dengan identitas asli pnumpang.

 

Seringkali beberapa orang dengan sengaja memalsukan identitas karena ia berangkat menggunakan tiket orang lain. Lebih buruk lagi, orang yang tidak berangkat bersedia meminjamkan kartu identitasnya tanpa berpikir panjang. Padahal sudah jelas tindakan tersebut merupakan tindakan kriminal yang melanggar Undang-Undang.

Disinilah dituntut kejelian petugas airline untuk melakukan profiling kepada penumpang agar dapat menjaga keamanan dan keselamatan penerbangan.  Terlebih lagi isu terorisme makin merebak di kalangan masyarakat Indonesia.

 

Garuda Indonesia sebagai Airline dengan predikat Bintang Lima dan satu-satunya maskapai yang memegang sertifikat keselamatan IOSA (IATA Operasional Safety Audit) dari 62 Maskapai di Indonesia, terus berusaha mencegah tindakan yang membahayakan keselamatan penumpang dengan peningkatan kewaspadaan mulai dari profiling penumpang. Semoga dengan profiling yang ketat tanpa mengabaikan aspek servis, Penumpang dapat terbang dengan aman, nyaman, dan berkesan.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s