6 Tempat Unik dan Seru yang Harus Anda Singgahi saat ke Luwuk

luwuk dari atas
luwuk dari atas

Bagi anda para perantau di Luwuk atau yang ingin Liburan di Ujung Sulawesi Tengah ini, tentu perlu tahu tempat-tempat dalam kota ini yang rasanya unik dan menarik untuk di kunjungi. Luwuk dan daerah-daerah di sekitarnya memang bukan sekedar kota biasa. Disamping kehidupannya yang aman dan nyaman, Daerah ini memiliki beribu-ribu keindahan yang tidak ada habisnya apabila di telusuri. Mulai dari pantai, bukit, air terjun hingga desa-desa wisatanya. Tulisan mengenai keindahan Luwuk Banggai telah saya tulis di sini dan di sini.

Luwuk sendiri dapat di tempuh selama sekitar 1 jam 30 menit dari Makassar dengan Pesawat Garuda Indonesia. Dengan masuknya Maskapai bintang Lima ini ke Luwuk, merupakan tanda bahwa kota ini telah mengalami perkembangan perekonomian yang pesat. Selain tempat wisata, ada pula tempat-tempat unik dan seru untuk sekedar dikunjungi di dalam kota. Setidaknya, ada 6 tempat yang dapat di singgahi selama kita berada di dalam kota Luwuk.
1. Kantor Pemda Kabupaten Banggai
Kantor Bupati Banggai
Kantor Pemerintahan Kabupaten Banggai memiliki ciri khas tersendiri. Arsitektur bangunan ini menyerupai bangunan-bangunan di Eropa. Gedung mewah dengan kubah di atapnya serta di topang oleh pilar-pilar besar menyerupai bangunan Belanda / Inggris. Kantor Pemkab ini berada di Bukit yang di kenal dengan sebutan Bukit Halimun. Bukan tanpa sembarang nama tersebut disematkan. Pasalnya, Halimun adalah singkatan dari Halimah dan Ma’mun yang pada saat itu Bapak Ma’mun Amir menjabat sebagai Bupati dan istri beliau bernama Halimah.
Sebelumnya, Kantor Pemerintahan berada di pusat kota. Namun dengan inisiatif dari Bapak Bupati, maka di pindahlah Kantor tersebut dari Kota ke Bukit. Perpindahan ini memang merupakan gagasan yang cemerlang, karena dengan bergesernya Kantor Pemerintahan dari Kota ke Bukit, maka akan bertambah pula mobilitas perekonomian daerah Banggai. Hal ini terbukti dengan dibangunnya Hotel-hotel di dekat Kantor Pemkab serta Perumahan 2000 unit di belakang Pemkab yang saat ini masih dalam proses pembangunan.
2. Bukit Kasih Sayang

bukit kasih sayang
Ini adalah tempat wajib yang harus anda kunjungi di malam hari saat berada di Luwuk. Dari tempat ini kita dapat melihat indahnya pemandangan kota Luwuk lengkap dengan gemerlap cahaya lampu yang menerangi kota ini. Penduduk kota Luwuk sudah tahu betul mengenai tempat ini. Di bukit ini tersedia warung yang menyediakan makanan dan minuman mulai dari mie goreng, nasi goreng, kopi, coklat panas hingga ikan bakar. Menikmati secangkir minuman saraba dan kue lopis adalah “ritual” yang mesti anda coba setibanya di bukit ini. Angin malam  yang cukup kencang dan hiasan lilin di atas meja-meja makan membuat suasana makin romantis untuk dinikmati bersama orang terkasih. Wajar saja jika hampir setiap malam muda mudi berkunjung ke tempat ini untuk sekedar berbincang sambil berfoto-foto di sini.

3. Toko Perkasa

Apa yang ada dalam benak anda saat mendengar Toko Perkasa? Jika anda berpikir toko ini menjual obat-obat keperkasaan, maka anda 100% salah. Toko perkasa adalah salah satu Toko d Perkotaan yang menjual aneka macam snack dan Catering. Panada, lumpia, risoles, pastel, aneka roti, lapis legit dan lainnya di jual di Toko ini. Soal rasa, Toko Perkasa dapat dibilang juaranya di Luwuk. Bahkan untuk level kota-kota besar, makanan-makanan di Toko ini tidak kalah bersaing. Soal kualitas, Toko Perkasa selalu menjaga agar makanan tetap fresh setiap harinya. So, Jika anda singgah di kota Luwuk dan ingin membeli snack untuk melakukan perjalanan, Toko Perkasa termasuk highly recomended.
4. Luwuk Shopping Mall
luwuk shopping mall
Inilah Mall pertama dan satu-satunya yang berdiri di kota Luwuk. Untuk anda para penghuni kota besar dengan Mall berserakan dimana-mana, dapat dipastikan anda akan tertawa bingung ketika pertama kali memasuki area ini. Paradigma anda mengenai Suasana Mall yang full AC, ekskalator, lift, sekejap berubah saat anda menyaksikan kumpulan ruko-ruko dan pujasera yang berada dalam satu area food court. Salah satu tempat di Luwuk Shopping Mall yaitu warkop88, menawarkan hiburan live musik di setiap malamnya. Mulai dari jam 21.00 mereka menghibur para pengunjung di food court tersebut hingga tengah malam.

5. Teluk Lalong

teluk lalong

Lalong dikenal dengan cafe-cafe kecil yang tersusun rapi pinggir jalannya. Kursi dan meja tidak berada di dalam cafe melainkan berjejer rapi tepat di pinggir teluk. Makanan seperti Gorengan dan minuman ringan, adalah menu utama di tempat itu. Dari sana kita dapat melihat Pemandangan kapal-kapal Barang yang berlalu lalang dari pelabuhan. Daerah ini merupakan daerah ramai karena dekat dengan Mesjid Agung Kota Luwuk dan Kantor DPRD Kabupaten Banggai.

6. Gedung Telur Burung Maleo

bandara-luwuk

Bangunan yang berbentuk bulat besar seperti Telur Burung Maleo ini mengundang pertanyaan bagi para pendatang. Betapa tidak, ketika baru saja mendarat di Luwuk dengan pesawat, kita langsung disuguhi pemandangan berupa bangunan bulat lonjong yang tersambung dengan area Apron Bandara, namun kita tidak dapat melewatinya. Hal ini wajar, karena Bangunan itu adalah Ruang VVIP baru yang hanya dipergunakan oleh Pejabat selevel Gubernur, jadi tidak bisa sembarang orang dapat memasuki bangunan tersebut. Namun Karena bangunan ini unik bentuknya, banyak juga orang yang menyempatkan diri untuk berfoto di depan Bangunan ini begitu turun dari pesawat. Terlebih lagi dengan latar belakang Laut, semakin menambah keindahan Bangunan Telur Burung Maleo ini. Apabila anda pergi ke Luwuk, jangan lupa untuk berselfie dengan background Bangunan ini.

Demikianlah 6 Tempat yang unik, asyik dan seru untuk anda singgahi di dalam Kota Luwuk disamping lokasi wisata dalam kota yang juga sangat indah. Jika anda tidak memiliki banyak waktu, pastikan anda mampir ke tempat-tempat diatas untuk mengabadikan momen indah anda bersama kota Luwuk.

Referensi Gambar:

http://kfk.kompas.com/kfk/view/20621-Pagi-di-Teluk-Lalong

http://www.indoplaces.com/mod.php?mod=indonesia&op=view_region&cid=25&regid=4470

http://www.indoplaces.com/mod.php?mod=indonesia&op=view_region&regid=4471

http://www.wahidnugroho.com/2013/05/luwuk-lagi.html

https://dwidwiianemiakibu.wordpress.com/category/maharanis/

http://news.luwukpost.info/2014/07/17/pengelola-lsm-bantah-tudingan-pedagang.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s