Indahnya Wisata Luwuk Banggai -All in One Holiday-

Pemandangan Kota Luwuk dari Bukit Inspirasi
Tidak sedikit masyarakat di kota besar yang sangat sibuk dengan pekerjaannya. Mereka memiliki uang banyak, namun sulit mencari waktu untuk berlibur dengan paket liburan All in One.
Bagi anda yang merasa jenuh dan ingin berwisata domestik dengan konsep Bukit, Air terjun, Pantai, Padang Savana, dan Pulau Indah tanpa penghuni dalam 1 paket, maka ada tempat yang bisa menyajikan itu semua hanya dalam waktu 3 hari 2 malam.
Luwuk adalah tempat dimana Bukit dan Laut tersaji dalam satu pandangan mata. Di sini anda dapat berenang di pantai pasir putih sambil melihat Konstruksi bangunan yang berada di Bukit. Luwuk merupakan ibukota dari Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Perjalanan menuju Luwuk dapat ditempuh via Udara dengan pesawat Garuda Indonesia dari Makassar selama 1,5 jam.
3 Hari 2 Malam untuk Semua Keindahan Alam Indonesia
Untuk anda yang bekerja dengan kondisi Office Hour di Ibu kota, anda cukup mengambil cuti di hari Jumat. Gunakan Pesawat Garuda Indonesia GA 640 di hari kamis malam pukul 23.45 tujuan Makassar. Tiba di Makassar sekitar 3.30 WITA kemudian di sambung dengan pesawat Garuda GA 7816 Makassar-Luwuk jam 06.00 WITA dan tiba di Luwuk sektar pukul 07.30 WITA. Dengan menaiki Pesawat Garuda Indonesia, anda dapat istirahat dan
tidur dengan nyaman di dalam Cabin pesawat serta mendapatkan pelayanan prima dari awak kabin terbaik di dunia. Anda juga telah di sediakan selimut dan bantal apabila anda ingin tidur dalam perjalanan. Anda juga disajikan dengan Makanan dan minuman apabila anda lapar di tengah malam. Setibanya anda di Luwuk hari Jumat pagi, anda sudah siap untuk mengeksplore semua keindahan alam di Ujung tengah Pulau Sulawesi ini. Kepulangan di hari Minggu pagi pun dapat membuat anda lebih cepat tiba di Jakarta dan siap untuk beraktivitas keesokan harinya
Hotel-hotel yang ada di Luwuk
Meskipun Luwuk ini kota kecil, namun Hotel dengan fasilitas lengkap telah ada di kota ini sejak tahun 2014. Berikut beberapa Hotel dengan fasilitas yang cukup memadai.
-Estrella Hotel.

 

 

 
 Merupakan Hotel bintang 3 yang berada di Bukit Halimun. Dari Hotel ini anda bisa menikmati pesona alam Luwuk. Fasilitas Hotel ini adalah yang terlengkap dibanding semua Hotel. Apabila anda menginap di sini, anda harus menyiapkan kocek hingga sekitar Rp.1.200.000 permalamnya. Namun apabila anda terbang dengan pesawat Garuda Indonesia, anda akan di berikan harga khusus dengan diskon yang besar. Hal ini karena Garuda Indonesia telah bekerja sama dengan Hotel Estrella. Cukup siapkan boarding pass anda serta kartu identitas, maka anda sudah bisa menikmati Hotel ini dengan harga terjangkau. Jangan ragu untuk menghubungi petugas Garuda Indonesia di Bandara apabila anda butuh bantuan. 
-Istana Hotel.

 berada tidak jauh dari Pantai Wisata Kilo Lima. Fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap. Apabila anda ingin menginap di hotel ini, maka  siapkan juga uang mulai dari sekitar Rp. 1.000.000 per malamnya. Namun, apabila anda terbang dengan Garuda Indonesia, anda juga bisa mendapat harga khusus hotel ini.
-Boulevard Hotel.
 Hotel ini mungkin memiliki harga lebih rendah di bandingkan dengan 2 Hotel sebelumnya, namun pelayanan di Hotel ini tidak kalah nyamannya. Dengan merogoh kocek sekitar 350.000 anda sudah dapat menginap di Hotel ini selama 1 malam. Dan apabila anda masih ingin mendapatkan diskon
khusus, anda juga cukup menunjukkan Boarding Pass Garuda Indonesia kepada petugas Hotel.
Transportasi
Bepergian
Di Luwuk, Ojeg dapat ditemukan dimana-mana. Apabila anda bepergian sendiri dan hanya ingin berwisata di dalam kota, anda dapat menggunakan ojeg dengan merogoh kocek Rp.5.000,- s.d. Rp.25.000 sekali jalan. Anda juga bisa menyewa tukang ojeg untuk berkeliling tempat wisata karena lokasi wisata yang masih berada di dalam kota.
Apabila anda pergi dengan rombongan, maka banyak juga tempat sewa mobil yang dapat anda gunakan jasanya. Harga sewa mobil di Luwuk beragam mulai dari Rp. 600.000,- perhari hingga Rp.750.000 perhari sudah dengan supir dan bensin. Hal yang perlu diperhatikan ialah pastikan supir yang akan anda gunakan jasanya tau mengenai lokasi-lokasi wisata yang ada di Luwuk dan sekitarnya karena ada juga supir-supir yang kurang memahami rute perjalanan ke Luar kota Luwuk.
Menikmati Air terjun di dalam Kota
Salah satu hal yang unik dari Luwuk adalah, kita dapat menikmati wisata air terjun tanpa harus pergi jauh. Hal ini wajar karena Luwuk sendiri di penuhi dengan bukit-bukit. Terdapat beberapa air terjun dalam kota seperti Air Terjun PLTM (Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro), Air Terjun Tontoan, dan Air terjun Batu Tikar. Khusus air terjun Batu Tikar, kita harus mencapainya dengan hiking sekitar 1 km karena mobil tidak dapat masuk ke lokasi tsb. Wisata ini cukup menantang bagi para traveler yang terbiasa dengan mendaki.
Ada juga Air Terjun yang cukup termashyur di ujung kota Luwuk. Air Terjun ini dikenal dengan sebutan Salodik, karena terdapat di Desa Salodik. Ciri khas dari air terjun ini adalah bentuknya yang bertingkat-tingkat. Nuansa alam air terjun ini masih sangat terasa walaupun Setiap akhir pekan  biasanya penduduk Luwuk mendatangi Lokasi wisata ini untuk sekedar mandi dan melepas penat.
 Memandang Indahnya Kota Luwuk dari Atas Bukit
Ada yang bilang, Kota Luwuk ini bagaikan Venezia di waktu siang, dan Hongkong di waktu Malam. Untuk membuktikan kalimat kiasan tsb, maka anda perlu melihat seluruh kota Luwuk ini dari atas Bukit Keles. Dari bukit ini, kita benar-benar menyaksikan langsung indahnya Kota Luwuk. Hampir setiap malam, para muda mudi berkumpul di Bukit Keles ini menyaksikan Gemerlap Kota Luwuk sambil menikmati minuman saraba, serta makan pisang Lowe, dan kue Lopis.
Selain Bukit Keles, ada juga bukit yang di namai Bukit Teletubbies. Ya, Memang keindahan bukit ini mirip dengan Bukit  yang ada di Acara TV untuk anak-anak tsb. Kita dapat mencapainya setelah melewati bukit Keles.
Mengunjungi Salah Satu Padang Rumput terbaik di Indonesia
Apabila anda pernah melihat ada padang rumput di New Zealand, yang di penuhi sapi-sapi warna putih hitam seperti iklan susu, maka anda tidak perlu jauh-jauh kesana karena di Indonesia pun ada tempat seperti itu. Di Desa Lenyek -tidak jauh dari Salodik-, padang rumput ini benar-benar memanjakan mata kita. Jangan lupa untuk sedia karpet/alas karena anda akan tergoda untuk  berpiknik disana. Apalagi jika anda pergi bersama calon pasangan, maka anda dapat foto prewedding di padang rumput ini dan dijamin hasilnya akan memuaskan.
Pulau Tinalapu, Pulau Kecil Dengan Perairan Sebening Kaca

Dari seluruh wisata di Luwuk, Pulau Tinalapu-lah yang paling menarik hati saya. Pulau ini belum terjamah oleh pemerintah setempat. Ukuran Pulau ini sangat kecil, jika anda ingin jalan berkeliling pulau, cukup memakan waktu satu menit. Pasir yang amat halus akan membuat kaki anda nyaman untuk berjalan kesana kemari. Hal yang paling ingin saya nikmati kembali adalah dunia bawah laut dari Pulau ini. Betapa indahnya ketika kita berenang bersama ikan warna warni di sekeliling kita. Spesies ikan yang beragam mulai dari ikan kecil hingga yang berbentuk panjang dapat di temui
dengan sangat mudah. Apabila anda telah menyaksikan dunia bawah laut tsb, maka anda akan merasa menyesal untuk meninggalkan Pulau ini cepat-cepat. JIka ingin ke Pulau Tinalapu, anda harus menempuh 2 jam perjalanan dari Luwuk ke Pagimana serta harus siapkan uang tambahan untuk sewa Boat. Perjalanan dengan Boat memakan waktu 30-45 menit menuju Pulau Tinalapu. Saya ingin buat ulasan khusus mengenai Pulau Tinalapu, tentunya apabila saya dapat kesempatan berkunjung kembali ke Pulau ini. Apabila anda ingin Ke Pulau Tinalapu, maka pastikan anda tiba disana setelah jam 2 siang agar tidak terkena terik matahari.
Menatap Indahnya Lembayung Senja di Pulau Dua
Ulasan mengenai Pulau Dua ini telah saya
buat di http://sultengpost.com/?p=8147
Pantai di Pinggir
Kota, Kilo Lima
Salah satu kelebihan Kota Luwuk yang belum tentu bisa kita dapat di kota-kota lainnya ialah adanya terbentangnya Pantai di pinggir kota dengan keindahan terumbu karang yang menakjubkan serta beragamnya jenis ikan mulai dari ikan nemo hingga cardinal fish yang hanya ada di Kabupaten
Banggai. Jika anda tidak memiliki banyak waktu di Luwuk, pastikan anda berenang di pantai ini. Dengan menaiki kendaraan sekitar 5 menit dari bandara dan 5 menit dari pusat kota, anda sudah dapat melihat pesona bawah laut yang memukau.
Berikut adalah schedule yang memungkinkan untuk anda berwisata selama 2 malam di Luwuk:

Day 1

-Air trjun dalam kota + Sandakan
-Salodik + Padang Rumput Lenyek
-Pantai Kilo Lima
-Dinner at Deho/ Lalongz
-Bukit Keles
Day 2
Full Pulau Dua

Opsi 2:

Day 2
-Start to Bukit Teletubies
-Trip to Pulau Tinalapu

Demikianlah sederet Keindahan Wisata baik darat maupun laut yang ada di Luwuk Banggai. Anda dapat merasakan All Holiday in one place bersama keluarga hanya dalam 2 malam untuk kembali merefresh pikiran dari penatnya kota besar. 
 
 

Advertisements

4 thoughts on “Indahnya Wisata Luwuk Banggai -All in One Holiday-

  1. hi ka.
    mau tanya, ada info kontak untuk rental mobil (dengan bensin & supir) buat keliling luwuk sehari dan ke ampana? makasih 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s