sanggup jadi imam?

baru saja melaksanakan shalat isya. serta mengalami peristiwa “lucu”.

orang2 yang biasa shalat serta mnjadi imam d mushala ketika sudah masuk wktu isya, tidak terlihat. stelah adzan dan shalat rawatib, para jamaah bertanya2, dimana orang2 yang biasa shalat?

salah seorang jamaah menjawab, “pada tahlilan”, kemudian salah seorang jamaah yang lain mengatakan, “mendingan kita tungguin deh, saya ga belom sanggup jadi imam. kalo ga sanggup nti sholatnya ga sah”. akhirnya kami menunggu lagi.

selama nunggu, gw manfaatin wktu mustajab ini unt doa, waktu antara adzan dan iqomah. sambil gw doa, gw jg mikir, emang ukuran kesanggupan orang jadi imam tuh opo.. sampe2 kt nunggu lama gr2 imam yang biasa blom dateng.

emang syarat sah jd imam tuh opo.. kalo lu dh baligh, ga gila, dlm kondisi sadar n bacaan sholat baik, lu bisa jd imam. dan ktika ga jadi imam pun bacaan sholat jg hrus baik kan.

lu juga ga harus nunggu ampe tua, renta, bau kakek2, biar bs jd imam. dan plis, open our mind, jangan sampe gara2 imamnya masi muda, pake celana jeans, ga pake baju koko, lu mundur dari jamaah. it is so weird..

terkadang bbrapa umat islam terjebak dengan hal hal yang sifatnya tradisi. dan ini mmpersulit diri mereka sndiri. gw jadi ingat surat at tahrim ayat 1(cek mushaf). ya, jangan sampe kita mengharamkan apa yang sebenarnya di halalkan oleh Allah.

yang di tunggu pun tak kunjung datang, akhirnya salah seorang jamaah brtanya lagi, “gimana nih? blom pd dateng..” akhirnya ia menanyakan kpd jamaah yang lain apakah mau jadi imam, tapi blum ad yang mau sampai akhirnya gw di tanya.

tanpa ragu gw manggut2..

jadi lah gw imam shalat isya berjamaah. mudah2an shalatnya sah yaa.. ;D

*nb: bapak2 yang tadi bilang ga sanggup jadi imam, langsung cabut bis sholat. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s