Agar Survive secara sosial di UI


/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
mso-para-margin-top:0in;
mso-para-margin-right:0in;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0in;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-fareast-font-family:”Times New Roman”;
mso-fareast-theme-font:minor-fareast;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:”Times New Roman”;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

Kebanyakan dari mahasiswa baru terutama yang berasal dari daerah, memiliki perasaaan sulit bersosialisasi ke lingkungannya. Hal ini di sebabkan beberapa factor seperti; menjadi satu-satunya mahasiswa yang berasal dari daerahnya, sifat dasarnya yang pendiam dsb. UI sebagai kampus yang menyandang nama Negara ini, berusaha menghilangkan atau meminimalisir segala bentuk sikap mental negative dari para mahasiswanya dan menggantinya dengan sikap mental positif. Ada beberapa cara agar kita mahasiswa UI bisa survive secara social bergaul di lingkungan kampus kita ini.
Pertama, Tiaptahun, Universitas kita menyelenggarakan OBM (Orientasi Belajar Mahasiswa) untuk seluruh mahasiswa baru.Dengan adanya OBM ini, mahasiswa baru dituntut untuk membuka dirinya melalu learning skill. Dalam Kegiatan Learning Skil, terdapat materi-materi mengenai bagaimana maba bisa memahami karakter seseorang satu dengan lainnya. Kemudian ada games-games seru yang makin mendekatkan maba satu dengan maba lainnya. Di samping itu, kita juga di ajarkan untuk berpikir kritis, berani mengungkapkan pendapat, serta berprilaku sopan. Pembekalan-pembekalan tersebut sangat berguna bagi maba untuk bisa beradaptasi dengan dunia kampus kedepannya.
Kedua, Maba juga disediakan media untuk megenal kampusnya dengan Program OKK yaitu Orientasi Kehidupan Kampus. Di sana maba di ajarkan untuk bertransformasi dari siswa biasa yang baru saja lulus SMA, menjadi seorang mahasiswa UI yang memiliki tanggung jawab moral yang besar.Di sana maba juga di berikan penanaman tentang idealisme seorang mahasiswa. Tidak hanya ditingkat Universitas, di tingkat Fakultas pun maba diberikan pengenalan terhadap fakultasnya melalui program PSAF yaitu Pengenalan Sistem Akademik Fakultas. Di sana maba diberikan penanaman terhadap Peran dan Fungsi mahasiswa, diberikan penugasan untuk lebih mengenal teman satu fakultasnya. Ada juga tugas angkatan yang dapat menambah kesolidan maba di fakultas tersebut. Di beberapa fakultas, ada yang Pengenalan dunia kampusnya sampai pada tahap departemen. Di sana maba dituntut untuk memiliki kebanggaan sebagai mahasiswa jurusan tersebut dan di perkenalkan dengan senior-senior melalui program kakak asuh, di perkenalkan dosen-dosen dan karyawan. Dengan begitu,  nantinya maba bisa lebih dekat dengan mereka, serta tidak malu-malu jika ingin meminta bantuan kepada mereka.
Terakhir, Organisasi dan UKM juga menjadi cara yang sangat efektif bagi maba untuk bisa survive di dunia  kampus. Dalam organisasi, banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan.Maba bisa mengenal lebih dalam teman-temannya lintasjurusan atau bahkan lintas fakultas, maba juga di ajarkan untuk terjun langsung pada masalah-masalah organisasi. Maba juga bisa mengembangkan bakat dan potensinya yang selama ini terpendam. Masuk dalam dunia organisasi atau UKM dapat lebih mendewasakan pola pikir mahasiswa.
Dengan mengikuti semua kegiatan diatas saja, kita telah bisa bersosialisasi dengan baik kepada orang lain. Namun menjadi mahasiswa yang survive secara sosial tidak akan pernah tercapai jika kita tidak mau mengubah diri kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s